Pemerintah Kota Manado Dukung Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMaCerMat)

Sesuai dengan pasal 7 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan bahwa setiap orang berhak mendapatkan informasi dan edukasi tentang kesehatan yang seimbang dan bertanggung jawab, maka perlu dilaksanakan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMaCerMat).GeMaCerMat adalah program Kementerian Kesehatan RI yang harus disebarluaskan ke semua stakeholder dan masyarakat di seluruh Indonesia. Saat ini sudah ada Instruksi Walikota Manado Nomor 044/D.02/Kes/366/2018 tentang Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat di Kota Manado, yang diharapkan agar warga kota Manado lebih memahami dan meningkatkan pengetahuan, kepedulian dan kemampuan dalam penggunaan obat secara benar dan tepat.

GeMaCerMat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara tepat dan benar, meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan memusnahkan obat secara tepat dan benar, serta meningkatkan penggunaan obat secara rasional. Pelaksanaan kegiatan ini sudah dicanangkan bersamaan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Kota Manado tahun 2018 pada tanggal 31 Juli 2018.

Rakerkesda 31 Juli 2018

Dinas Kesehatan Bidang Sumber Daya Kesehatan Seksi Kefarmasian merupakan penanggung jawab kesinambungan pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan organisasi profesi Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) akan melakukan berbagai kegiatan untuk penyebarluasan informasi dan edukasi dalam program ini, termasuk penyebarluasan Instruksi Walikota di seluruh Kecamatan, Kelurahan, PKK, Organisasi Keagamaan serta pelaku usaha sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi serta memahami akan pentingnya penggunaan obat secara benar dan tepat. Sosialisasi dilakukan melalui media cetak, media elektronik, media sosial dan penyuluhan langsung kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kota Manado.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *