Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Jurusan Teknologi Medis (TLM) Poltekkes Kemenkes di Manado

Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Peserta Praktek Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PPKM) Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Poltekkes Kemenkes Manado di Dinas Kesehatan Kota Manado Tahun 2019, yang dilaksanakan pada hari Senin, 23 September 2019 yang dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Bapak Ronny Suoth, SKM, S.Psi., M.Kes. Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan  meminta  agar setiap mahasiswa menggunakan kesempatan ini untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di Kampus dan memberdayakanilmu tersebut melalui praktek di Puskesmas sehingga dapat mewujudkandari perpaduan antara ilmu yang didapatkan di Kampus dan praktek ilmu yang akan diperoleh di Puskesmas. “ Silahkan mahasiswa bertanya kepada senior-senior yang ada di Puskesmas, dan setiap CI (Clinical Instruktur) yang diberi tanggung jawab untuk membimbing dan mereka wajib memberikan waktu dan perhatian yang maksimal sehingga proses pembelajaran di lapangan mendapatkan nilai tambah yang positif, melalui target-target yang diharapkan oleh mahasiswakatanya. “Begitu  juga dengan pihak pembimbing dari Kampus agar memberikan bimbing secara periodik dengan kunjungan di Puskesmas sebanyak 2-3 kali selama praktek” Ucapnya.

Sebelum sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan, maka telah diawali dengan sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes. Dra. Elisabeth N. Barung, M.Kes., Apt. “ Poltekkes Kemenkes Manado mempunyai 7 jurusan dengan 13 program studi, tetapi tahun 2020 akan dibuka program studi K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Bank Darah, Prodi D4 TLM, Tahun 2019 saat telah dibuka Program Studi Promosi Kesehatan dan saya menggunakan kesempatan untuk memberikan informasi kepada Puskesmas dan Dinas KesehatanUcapnya. Setelah selesai memberikan sambutan dilanjutkan dengan Penerimaan secara simbolis melalui pemasangan Jaket Almamater kepada 12 mahasiswa yang akan digunakan selama praktek, pemasangan ini dilakukan masing-masing oleh Kepala Bidang SDK , Direktur Poltekkes Kemnkes, Seksi SDMk, Puskesmas dan para dosen di Jurusan TLM.

Pemkelalan/Materi Praktek oleh Kepala Bidang Sumber Daya Manusia dengan materi tentang program atau kegiatan Puskesmas sesuai Permenkes nomor 75 tahun 2014, serta Peraturan Walikota Manado Nomor 58 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Unita Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat dan Instalasi Farmasi pada Dinas Kesehatan Kota Manado serta kegiatan-kegiatan di Dinas Kesehatan sesuai Peraturan Walikota Manado Nomor 38 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi Tata Kerja dan Rincian Tugas dan Fungsi Dinas Kesehatan Kota Manado Tipe A. Berkaitan dengan materi Pembekalan maka Kepala Bidang SDK mengatakan bahwa Puskesmas yang tempat praktek harus memberikan informasi tentang kegiatan atau program-program yang sedang dilaksanakan saat ini dan tetap menekankan pada 4 program prioritas Puskesmas  dari 12 program dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) yaitu (1) Penanganan kesehatan Ibu Hamil sesuai standar, (2) Pelayanan Ibu bersalin, (3) Pelayanan Bayi Baru Lahir (BBL) dan (4) program kesehatan jiwa. Katanya.

Penyelenggara kegiatan adalah Dinas Kesehatan Kota Manado Seksi Sumberdaya Manusia Kesehatan (SDMK) Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) dengan peserta kegiatan dari Clinical Instruktur (CI)Puskesmas diwakili oleh Indriyati Sasantini, AMd.AK (Puskesmas Bahu) Irmawati, AMd.Kes (Puskesmas Wawonasa) dan Jaclin Poeleo, S.Kep., Ns,(Puskesmas Kombos)  serta dari  Poltekkes Kemenkes Manado yaitu Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) sebagai peserta Praktek sebanyak 49 orang dan turut dihadiri langsung Dra. Elisabeth N. Barung, M.Kes., Apt., sebagai Direktur Poltekkes Kemenkes, Elne Vieke Rambi, S.Pd., M.Si sebagai Ketua Jurusan TLM, Muhamad Ali Makaminan, S.Kep., Ns., M.Kes sebagai Sekretaris Jurusan TLM dan dosen Pembimbing masing masing Rudolf A. Tatuh, S.Pd., dan dan Dyan Sukandar, SKM, M.Kes. Setelah selesai dengan pembekalan dilanjutkan dengan penerimaan langsung oleh Puskesmas yang akan menjadi tempat pelaksanaan Praktek di Puskesmas Bahu, Tuminting, Ranotana Weru, Wawonasa, Tikala Baru, Ranomuut, Kombos dan Paniki Bawah selama 21 hari kerja terhitung mulai tanggal 23 September 2019 sampai 16 Oktober 2019.  Sebelum mahasiswa kembali ke kampus maka harus dilakukan evaluasi praktek tanggal 16 Oktober 2019 di Dinas Kesehatan Kota Manado untuk mengetahui pelaksanaan praktek di Puskesmas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *